June 28, 2013

Perbedaan Mainan Zaman Dulu dan Sekarang

Memasuki era globalisasi seperti sekarang ini, banyak hal-hal yang mengalami perubahan. Banyak banget sektor-sektor kehidupan yang kena dampak globalisasi, dari pakaian yang dulunya rapet tapi sekarang jadi banyak yang pake baju tapi kayak telanjang, makanan yang dulu cuma kenal lontong dan nasi uduk sekarang berganti udah banyak orang yang bergaya dengan makan dimsum, steak, atau spaghetti yang justru lebih mirip sama mi goreng jawa. Cara ngomong anak-anak muda jaman sekarang tuh juga udah beda banget, ada yang sok-sok inggris gitu terutama di media sosial padahal ya dia cuma pake google translate doang dan ada juga yang sok gaul dengan pake gaya ngomong anak gaul yang justru lebih mirip sama orang epilepsi. 

Selain hal tadi, yang gak luput dari pengaruh globalisasi adalah mainan, ya mainan. Sekarang tuh banyak banget
mainan yang canggih gila [nih gue ketularan pake bahasa gaul yang kayak orang epilepsi], dulu mainannya cuma ngandelin barang-barang yang ada disekitar kita, beda kayak sekarang. 

Gue bakal sebutin apa-apa aja yang kena dampak globalisasi berdasarkan penelitian kurang valid yang gue lakuin. Here they are [mulai gaul pake inggeris gugel]
1.       Handphone
Handphone merupakan alat komunikasi tapi juga bisa buat nge-game. Anak-anak muda sekarang tuh wajib banget punya barang ini kalo gak mau dibilang kudet atau kuper. Bukan cuma anak muda, sekarang pun tukang baso aja udah ada yang pake BB, pecah abis. Lo juga bisa liat, banyak banget tuh orang yang autis hape yang bahkan sambil jalan dia bisa ngetik.
 2.       Ipad atau tablet
Anak-anak sekarang mau yang muda atau yang masih bocah udah banyak banget yang pake nih telenan [karena buat gue tablet lebih mirip telenan]. Mereka terutama anak-anak udah banyak banget yang main diluar rumah sama temen-temennya kayak buat main benteng, bola plastic atau galasin. Bahkan yang lebih absurd, ada yang beli tablet cuma buat maen angry bird doang.


3.       PS3 ,Xbox dan Game Online
Dulu kalo mau main bola ya tinggal nyari bola terus main deh di lapangan sama temen-temen yang lain atau pas mau main balapan sepeda tinggal ajak temen-temen yang lain main sepeda terus di ban sepedanya dikasih gelas air mineral bekas dan suaranya jadi kayak motor, itu pecah abis. Nah sekarang hal-hal kayak gitu udah jarang banget ditemuin, yang ada tuh sekarang anak-anak nongkrong di warnet main game dan teriak-teriak pake kebon binatang atau nangkring dirumah main PS, ya paling game yang dimainin Cuma winning eleven atau harvestmoon
4.       Cupang

Ngadu cupang ini hal asik yang paling sering dilakuin sama anak-anak jaman dulu yang akhirnya sekarang udah berbeda cara. Dulu kalo mau ngadu cupang kita bisa pancing ikan cupang biar jago dengan nempelin botol cupang yang satu ke botol cupang yang lain, pas cupangnya ngedok dan makin merah, mulai deh di adu di dalem satu botol. Nah, kalo cupang yang sekarang emang masih sama-sama merah, tapi bedanya kalo yang sekarang merahnya di leher. [ngerti atau ngerti? Anak muda sekarang sih harusnya udah ngerti dan paham banget :D]
Gue bersyukur karena gue termasuk anak-anak generasi 90-an yang masih ngerasain mainan-mainan sederhana tapi asik. Gak kayak sekarang yang gak asik dan justru malah bikin penyakit [penyakit males, bokek dan gangguan  kejiwaan lain, hm haha].


No comments:

Post a Comment