July 09, 2013

Hal-Hal Pengganggu Tarawih

Sebelumnya gue mau ucapin selamat menunaikan ibadah puasa buat temen-temen dan pembaca setia blog gue yang menjalankan. Gak kerasa udah Ramadhan lagi aja, kita yang masih ketemu bulan penuh rahmat ini harus bersyukur karena bakalan banyak banget limpahan pahala yang bisa kita dapet men.

Ngomongin ramadhan gak lengkap kayaknya kalo gak ngomongin soal sholat yang rakaatnya buanyak banget, yak sholat tarawih. Sholat sunnah ini jadi salah satu hal yang asik kalo dijalanin pas ramadhan, apalagi kalo di masjid abis sholat isya. Bahkan saking antusiasnya, masyarakat sampe ada yang sholat diluar masjid saking membludaknya orang yang mau sholat tarawih yang cuma sebulan 30 kali dilaksanain. 

Tapi nyadar gak sih, ada beberapa hal yang agak annoying
terutama dipikiran gue. Ya gue udah menemukan beberapa hal ini cuma dalam waktu beberapa menit selama sholat tarawih tadi, nih gue jabarin.


1.  Anak kecil yang ikut sholat
Pada dasarnya mereka umurnya kisaran antara 6-12 tahun ini tuh sebenernya nyenengin kalo diliat karena mereka kecil-kecil udah mau sholat. Nah tapi yang rada ngebetein itu kalo abis imam kelar baca Al-Fatihah dan kemudian mereka teriak ‘’aaaaameeeiiiiiiiinnnnnnn’’ yang kadang-kadang pake logat dangdut gitu. Nah itu tuh annoying banget men, dan percaya atau enggak orang-orang kayak mereka tuh ada dihampir semua masjid di Indonesia. Berani taruhan, di masjid manapun elo sholat pasti nemuin yang beginian. Gue curiga mereka ini punya organisasi sendiri kayak "Organisasi Pasukan Amin Buat Ganggu Jemaah Lain". Seharusnya kita lupain sejenak tuh kasus bom teroris blablabla, mereka ini lebih terkoordinir dan harus segera ditindak lanjuti.

2.       Sendal yang lenyap tanpa jejak
Hal nyebelin selanjutnya adalah sandal yang elo punya terutama yang baru elo beli ternyata hilang. Ini sering banget kejadian terutama di masjid-masjid gede. Saran gue sih hindari pake sandal yang branded .Kalo elo terpaksa memakai sandal Branded, coba elo simpan sandal tadi di tempat yang berjauhan, misalnya sandal sebelah kanan elo simpen di Mesjid Al Amin, terus yang kirinya elo simpen di Mesjid At Taqwa. Selain itu coba deh pake bakiak tiga peNumpang kayak yang sering dipake pas agustusan terus elo pasangin alarm sama gembok yang ada passwordnya, InsyaAlloh pasti aman. Tapi kalo elo masih tetep kehilangan sendal juga, pake aja sepatu kalo mau ke masjid. Gue jamin elo gak bakalan kehilangan sendal.

3.       Suasana masjid yang semakin hari semakin krik-krik

Hal ini pasti banget kejadian di komplek gue. Diawal ramadhan kayak gini tuh masjidnya full tank kayak tanki bensin yang diisi penuh sebelum bbm naik. Minggu kedua pun masih banyak tuh yang tarawih di masjid dan tetep dihiasin sama sindikat ‘Pengganggu Amin’ tadi [baca bocah kecil], sedangkan di minggu ketiga tuh peserta tarawih udah tinggal setengahnya. Entah apa yang nyebabin hal itu tapi biasanya sih yang paling sering tuh semangatnya udah mulai rada kendor gitu [atau mungkin perutnya kepenuhan abis buka sampe-sampe gak bisa ditekuk]. Kalo minggu terakhir tuh masjid udah mulai krik-krik tuh. Paling Cuma orang pribumi dan beberapa perantau aja yang masih stay dan dapet label ‘kuncen komplek’. Kalo dibikin persentase kehadiran tuh kayak gini



Minggu I   à  Minggu II   à  Minggu III   à  Minggu IV
  100%                75%                  50%               25-10%

Semakin deket sama lebaran, makin sepi tuh masjid. Yaiyalah kan rata-rata perantau dan pasti pada pengen mudik sampe-sampe ada yang bilang ‘lebaran gak mudik gak asik’. [Ini ramadhan baru aja mulai tapi udah ngomongin lebaran aja, ya maklumlah gak sabar dapet angpau. Biasalah mahasiswa haha]

4.       Perut Rese
Ini hal paling ngebetein terjadi sama gue pas tadi tarawih perdana buat tahun ini. Ya apalagi kalo bukan kebelet boker. Apa rasanya kalo elo lagi sholat di rakaat ke dua dan elo kebelet ke wc, gak kebayang kan men. Mungkin kalo tadi gue difoto, muka gue tuh biru keungu-unguan, keringet dingin dan gemeteran karena kebelet. Gue sempet mikir ‘’apa gue keluarin didalem sarung aja ya’’. Hal bego itu terlintas gitu aja, dan pas udah tahiyat akhir tuh rasanya udah makin diujung tanduk. Pas udah salam, yaudah gue langsung aja tuh ke markas [baca wc]. Tapi yang paling ngeselin adalah pas elo udah buru-buru dan elo langsung nangkring di lobang kenikmatan [baca wc, jangan ngeres elu pada] eh yang ditunggu-tunggu gak mau keluar. Yaudah deh perjuangan nahan boker selama tarawih sia-sia.
Itu tadi beberapa hal yang ngeganggu pas tarawih yang gue temuin selama ramadhan-ramadhan yang pernah gue laluin, pesen gue adalah jangan bayangin poin keempat tadi plis. Jangan sampe muncul dipikiran kalian muka gue lagi ngeden, sumpah beneran bego tuh muka orang yang lagi ngeden. Gak percaya? Coba deh elo ngeden terus elo foto dan elo amati muka elo sendiri. Yang cowok pasti ganteng naturalnya muncul, dan yang cewek pasti aura cantiknya bakal mancar banget kayak antenna pf goceng. Yakin lah sumpah.


No comments:

Post a Comment